Muka

Selasa, 02 Oktober 2012

tujuh (Pasca SNMPTN)

Selasa, 12 Juni 2012
Jember, Jawa Timur

hari itu gue lagi dilanda kebingungan yang luar biasa.
gue sedang menghadapi ujian SNMPTN hari terakhir (plis,jangan tanya SNMPTN itu apa! masa' kalian gk tau sih?).
gue bingung bukan gara2 tkut gk bisa jawab, bukan. gue cuma takut gk lulus seleksi! Sama aja ya?!
yaudah lah ya...


pokoknya gue gundah gulana, sampai akhirnya gue selesai mgerjakan ujian itu.
pulang dari tempat test, gue gak langsung pulang ke kosan gue. Gue jemput Lia, soulmate gue.
Rencana seharusnya, hari itu gue pulang ke Banyuwangi. Tapi gue ragu, karena tanggal 14 Juni adalah hari terakhir pendaftaran kuliah di salah satu universitas swasta di Malang. Iya, gue mau nyabang, gue emang udah bener2 galau, gimana kalo gue gk lolos seleksi PTN (plis, jgn tanya lgi apa itu PTN.)
jadi gue berniat buat nyabang di swasta. Tapi gue galau bgt, antara bragkat ke Malang atau gak. Sebenernya, gue udah pesen travel buat brangkat hari itu ke malang, tapi datangnya travel tengah malem,jadi gue bingung, gue batalin apa gimana, soalnya pulang tes ini masih termasuk pagi lho. Akhiranya gue tanya lia,

"Lia, aku bingung nih,aku ke malang gk ya? travel datangnya malem bgt."
"Aku juga bingung, apa jangan naik travel aja. entar aku anter ke malangnya, naik bus."(plis, jangan berharap Lia nganterin gue naik Jaguar)
"Beneran kamu mau nganter aku?!"
"Iya, kita nginep di kosan mbakku, gimana?"
"Oke, beneran anterin ya, masalah ongkos, tenang aja, ada aku..."

akhirnya kita sepakat buat berangkat ke malang naik bis jam 3 sore, itu karena gue blum beresin brang2 yang ada di kosan gue. gak tau kenapa, selama perjalan gue ngerasa gak nyaman. gue rasa ada yang bikin hati gue gak tenang, Padahal semua masalah udah adah jalan keluarnya. tapi gue diem aja. gue bahkan gak tidur selama perjalanan ke malang itu. Padahal biasanya, tiap gue nemu sarang yg cocok buat merem, gue langsung tidur. apalagi di kendaraan kayak gitu. Seharusnya kesempatan gue buat ngorok, tapi gak tau kenapa gue gak bisa. Firasat, mungkin.

jam sepuluh malem, gue nyampek terminal Arjosari malang. Kali itu lia bikin sebel gue yg lagi capek. Secara ya, dia yg lebih berkuasa menghubungi mbaknya yg ada di situ, buat perjalanan lebih lanjut, eh dia malah berbelit2. gk tau kenapa dan apa alasan dia waktu itu. Kita gak tau tau harus naik angkot apa, Lia bilang sungkan mau tanya macem2 sama mbak yg dia sms yg ternyata adalah teman mbaknya, bukan mbaknya Lia sendiri! Dia merengek minta maaf sama gue, dia cuma niatan bikin kejutan buat kakaknya atas kedatangnnya di malang. So sweet kan?! itu juga yg bikin kedatangan gue jdi so sad! Gue marah, dan hanya diem aja. sampai akhirnya kita nemu angkot. lia pernah ke malang sbelumnya buat ke kos milik kakaknya, jadi dia tau harus naik angkot apa. tapi gue gak peduli, gue hanya diem dan emosi bgt sama dia. Bayangin, gue gk tau kita mau kemana, jalan apa, turun dimana, dan itu udah larut malam. terserah deh kalian mau bilang gue emosian entah apa, terserah.

dan kalian tau, angkot udah jalan hampir 20 menit dan lia cuma diem aja?! gue juga diem, gue pikir emang blum waktunya turun, eh ternyata lia gak berani ngomong sama pak angkotnya mau turun dimana. siapa yg gak marah tuh? Saat Lia memberanikan diri ngomong tempat kita turun dimana, kata pak angkotnya udah lewat jauh, akhirnya kita di turunin di tempat yang agak deket dari tujuan kita. Gue gak ngerasa lucu kejadian itu karena gue lagi marah banget sama Lia. Gue gak ngomong sepatah katapun sama Lia, gue jalan aja tanpa liat dia, larut malam. Lia panggil2 gue, tapi gue gak jawab. gue jalan aja gk ngerti arah, gue ngikutin emosi gue aja. sampai akhirnya...

"mbak, dengerin dulu! mbakku itu lho! udah jemput kita!" kata Lia sambil merintih kecapekan karena ngejar langkah gue yang sengaja gue cepetin.
gue mikir sebentar, Lia gak mungkin bohong. itu pasti beneran kakaknya. gue berhenti, sambil menatap mata Lia dengan penuh emosi.
"Li, kalo gak gara2 ada mbakmu, aku gak mungkin mau ikut kamu lagi. Biarin aku tersesat di kota orang! Br***s*k kamu!" gue ngucapin kata-kata yang gak sewajarnya karena emosi.(oke, skarang gue nyesel)
"Iya mbak, aku tau. Maaf ya, tapi ini udah malem, ayo kita ke mbakku!"kata Lia terengah-engah.

Gue melihat 2 orang cewek berjilbab yang ada di seberang jalan yang udah nungguin kita. Mereka melempar senyum, juga mungkin mereka kurang lebihnya tau kalo gue sama lia sdang brtengkar, lewat gerak-gerik kita. akhirnya gue ikut Lia nyebrang jalan, dan mencoba memasang tampang yg ramah sama kedua mbak2 itu. kita pun berjalan ke kosannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar